**Berita: Lapas Bukittinggi Memulai Produksi Ecobrick sebagai Solusi Inovatif Atasi Sampah**

oleh -193 Dilihat

 

**HumasLabukti -** Lapas Kelas IIA Bukittinggi meluncurkan inisiatif ramah lingkungan dengan memulai produksi ecobrick sebagai langkah inovatif dalam mengatasi masalah sampah. Kegiatan ini dimulai pada Sabtu, tanggal 13 Januari 2024, sebagai langkah konkret menuju pengelolaan sampah yang lebih berkelanjutan.

 

Ecobrick merupakan inovasi ramah lingkungan yang menggunakan botol plastik bekas sebagai wadah untuk menciptakan bata ringan. Kegiatan ini melibatkan narapidana yang aktif dalam proses produksi ecobrick sebagai bagian dari program rehabilitasi dan pelatihan keterampilan di dalam lapas.

Baca Juga :  Koperasi Pengayoman Lapas Muara Enim Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT)

 

Kepala Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Bapak Herdianto, menyampaikan, “Kami percaya bahwa pengelolaan sampah yang bijak adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan memulai produksi ecobrick, kami berharap dapat mengurangi dampak negatif sampah plastik sambil memberikan peluang produktif bagi narapidana kami.”

 

Ecobrick yang diproduksi di Lapas Bukittinggi nantinya akan digunakan untuk proyek-proyek konstruksi di dalam lingkungan lapas atau dapat didistribusikan ke luar untuk membantu kegiatan pengembangan di masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Syukuran Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58, Kalapas Kalianda Ikuti Kegiatan Ssecara Live

 

Salah satu narapidana yang terlibat dalam produksi ecobrick, Eri, menyatakan, “Kegiatan ini memberikan pelatihan baru dan memberikan rasa kebanggaan karena kami dapat memberikan kontribusi positif. Selain itu, ini juga memberikan peluang untuk belajar keterampilan baru yang dapat kami terapkan di luar nanti.”

 

Langkah ini sejalan dengan upaya Lapas Bukittinggi untuk memperkenalkan program-program inovatif yang tidak hanya memberikan manfaat internal bagi narapidana dan petugas lapas, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Produksi ecobrick diharapkan menjadi langkah awal yang menginspirasi upaya serupa di tempat lain. *JR*

No More Posts Available.

No more pages to load.