Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Rutan Sambas Gelar Razia Gabungan Dengan Kodim Dan Polres Sambas

oleh -803 Dilihat

Sambas – Kegiatan Pemasyarakatan Bersih-Bersih dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 dilaksanakan oleh seluruh jajaran Pemasyarakatan Lapas/ Rutan Seluruh Indonesia.

Seperti hal nya di Rutan Kelas IIb Sambas untuk mensukseskan kegiatan tersebut melakukan razia gabungan bersama TNI dan Polri.

Razia Gabungan tersebut dilaksanakan pada hari rabu, 20 april 2022 pada pukul 13.00 wib setelah dilaksanakan apel serah terima rupam.

Petugas yang hadir dalam kegiatan razia tersebut sebanyak 40 orang personil gabungan dari Rutan, Kodim dan Polres Sambas.

Sebelum melakukan kegiatan razia dilakukan apel yang dipimpin langsung oleh Karutan Sambas.

Baca Juga :  Antisipasi Gangguan Kamtib menjelang Lebaran, Rutan Kelas IIB Banda Aceh Melakukan Pemeliharaan Jaringan Listrik

Karutan Sambas, Priyo Tri Laksono dalam kesempatan itu menyampaikan bahwasanya dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan untuk Pemasyarakatan bersih-bersih melaksanakan razia kedalam blok hunian sebagai upaya deteksi dini terhadap gangguan kamtib, upaya pemberantasan narkoba dan melakukan sinergitas dengan TNI dan Polri, hal ini dimaksudkan agar tercipta kondisi Rutan Sambas aman dan kondusif.

“Hari ini kita bersama petugas Rutan, TNI dan Polri melaksanakan kegiatan razia untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtib di dalam Rutan, dengan sasaran barang-barang terlarang yang tidak boleh berada di dalam Rutan, terangnya.

“apalagi hari ini masih bulan puasa jadi ketika kita mau menggeledah badan dan kamar hunian tetap jaga etika dan kesopanan agar tidak timbul masalah,” pesannya.

Baca Juga :  Sambangi Lapas Muara Enim, PIPAS Kemenkumham Sumsel Puji Hasil Karya Warga Binaan

Setelah selesai apel, langsung dilakukan pembagian sebanyak 3 tim gabungan antara Petugas Rutan, Polres dan Kodim.

Adapun kali ini sasaranya yaitu 3 blok hunian, yaitu blok mahoni, Ulin 1 dan Bogenvile.

Petugaspun langsung bergerak menuju blok hunian yang dituju, Setelah kurang lebih 1,5 jam dilakukan penggeledahan tidak ditemukan narkoba, namun masih ada barang yang lain seperti besi, piring kaca, sendok, korek api gas, kabel yang seharusnya tidak boleh didalam kamar hunian, barang-barang tersebut kemudian didata dan langsung dimusnahkan dengan dibakar.

Baca Juga :  Jaga stabilitas Kamtib Jelang Ramadhon Kadiv Pemasyarakatan Sumbar, adakan Gemblengan Ilmu Jaga Diri Untuk Petugas dan Terapi Sehat Bagi Narapidana Rutan dan Lapas Narkotika Sawahlunto

Selain itu, Karutan Sambas juga menghimbau warga binaan di dalam Rutan agar selalu patuh dan taat terhadap tata tertib di Rutan, selalu menjaga kesehatan dan terus meningkatkan ibadahnnya kepada Allah SWT.

Priyo mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan razia ini terutama TNI dan Polri serta petugas Rutan atas kerjasamanya sehingga pelaksanaan razia ini sampai selesai berjalan dengan aman dan kondusif

“Semoga jalinan sinergitas antara Rutan Sambas, Kodim Sambas dan Polres Sambas semakin baik dengan berbagai kegiatan dalam pengamanan di dalam Rutan,” pungkasnya. Red

No More Posts Available.

No more pages to load.