**Kegiatan Seni dan Kebudayaan: Meningkatkan Kesejahteraan Narapidana Melalui Ekspresi Seni di Lapas Bukittinggi**

oleh -120 Dilihat

 

HumasLabukti – Lapas Bukittinggi terus berupaya memfasilitasi kegiatan seni dan kebudayaan bagi para narapidana sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan dan pembinaan di dalam penjara. Melalui ekspresi seni, para narapidana di Lapas Bukittinggi diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi kreatif mereka serta menemukan cara baru untuk mengekspresikan diri. Rabu, 28 Februari 2024.

 

Sejumlah kegiatan seni dan kebudayaan telah diadakan di dalam Lapas, termasuk seni lukis, seni musik, dan kerajinan tangan. Para narapidana diberikan akses dan dukungan untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan ini, baik sebagai peserta maupun sebagai pengajar atau pembimbing.

Baca Juga :  Longmarch Sejauh 17 KM Menjadi Penutup Pembinaan Fisik Mental dan Disiplin CASN Lapas Banyuwangi

 

Salah satu program unggulan adalah “Seni untuk Rehabilitasi”, di mana para narapidana dapat belajar dan menciptakan karya seni yang bervariasi. Melalui lukisan atau karya seni lainnya, mereka dapat mengekspresikan perasaan, pengalaman, dan impian mereka, serta memperoleh pengalaman yang membangun dalam proses kreatif.

 

“Kegiatan seni dan kebudayaan memberikan dampak yang positif bagi para narapidana. Ini bukan hanya tentang mengembangkan keterampilan artistik, tetapi juga tentang memberikan kesempatan untuk introspeksi, refleksi, dan pemulihan,” ungkap Dika salah satu petugas Lapas yang terlibat dalam program ini.

Baca Juga :  Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Sematkan Kenaikan Pangkat dan Beri Penghargaan Pegawai Berprestasi di Rutan Jakarta Pusat

 

Selain memberikan manfaat psikologis, kegiatan seni dan kebudayaan juga membantu meningkatkan kesejahteraan sosial para narapidana. Mereka dapat memperluas jaringan sosial, meningkatkan keterampilan interpersonal, serta membangun rasa kepercayaan dan harga diri.

 

“Partisipasi dalam kegiatan seni memberikan saya semangat dan motivasi baru. Saya belajar banyak hal baru dan merasa lebih bermakna dengan kemampuan saya untuk menciptakan sesuatu yang indah,” ujar Roni salah satu narapidana yang aktif dalam program seni.

Baca Juga :  Dulu Berstatus Anggota Polri, Kini Sekjen Kemenkumham Dilantik Menjadi ASN

 

Diharapkan, kegiatan seni dan kebudayaan ini akan terus menjadi bagian integral dari program pembinaan di Lapas Bukittinggi, dan memberikan kontribusi positif dalam proses rehabilitasi dan reintegrasi narapidana ke dalam masyarakat. Semangat untuk terus mengembangkan potensi kreatif dan memperkaya kehidupan para narapidana akan terus didukung dan dipromosikan dalam upaya menciptakan lingkungan pembinaan yang holistik dan berdaya guna. *JR*

No More Posts Available.

No more pages to load.