Laksanakan himbauan Walikota, Lapas Bukittinggi langsung kelola sampah sendiri

oleh -139 Dilihat

Bukittinggi – Menindaklanjuti himbauan dari Walikota Bukittinggi terkait tata kelola sampah secara mandiri, Lapas Kelas IIA Bukittinggi telah mengambil langkah proaktif dengan mengelola sampahnya sendiri. Jumat, 22 Desember 2023.

Sesuai dengan arahan yang diterima, lapas telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan produksi sampah dan meningkatkan sistem pengelolaan sampah di dalam kompleks lapas.

Upaya ini menjadi bagian dari komitmen lapas untuk turut serta dalam membantu menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi dampak negatif dari tumpukan sampah. Langkah-langkah pertama yang dilakukan adalah menggalakkan program pemilahan sampah di tempat. Para petugas dan narapidana di lapas diberikan edukasi tentang pentingnya pemilahan sampah untuk mendukung manajemen sampah yang lebih efisien.

Baca Juga :  Petugas Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Jalani Bimbingan Pra Nikah

Selain itu, Lapas Kelas IIA Bukittinggi juga telah memasang bak sampah dan alat pengelolaan sampah organik di area dalam lingkungan lapas. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan sampah-sampah organik bisa diolah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk keperluan pertanian di dalam lapas.

Melalui langkah-langkah ini, Lapas Bukittinggi berharap untuk memberikan kontribusi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dan memastikan bahwa mereka turut berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. Tindakan ini mendapat dukungan penuh dari instansi terkait, serta memberikan contoh positif bagi masyarakat dalam menjalankan tata kelola sampah yang ramah lingkungan. Langkah ini mencerminkan komitmen lapas untuk menjadi lembaga yang tidak hanya memberikan pembinaan kepada narapidana namun juga memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.