Lapas Bukittinggi Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Pemeliharaan Taman dan Halaman

oleh -202 Dilihat

 

HumasLabukti – Lapas Kelas IIA Bukittinggi kembali melakukan inovasi terbaru dengan meluncurkan program pemeliharaan taman dan halaman yang menyeluruh, baik di luar maupun di dalam kompleks penjara. Rabu, 28 Desember 2023.

 

Program ini dinamai Rabu Rambah, bertujuan untuk menciptakan lingkungan lapas yang hijau, bersih, dan nyaman bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta petugas lapas.

 

Kepala Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Bapak Herdianto, menjelaskan bahwa program pemeliharaan taman dan halaman ini mencakup pemotongan rumput, perawatan taman, kebun, serta area terbuka lainnya di dalam dan di sekitar kompleks lapas. “Kami percaya bahwa keberadaan taman dan area terbuka yang hijau dapat memberikan dampak positif dalam membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik dan membantu rehabilitasi bagi WBP,” ujarnya.

Baca Juga :  Tenaga kesehatan Lapas Bukittinggi sambangi RSAM 

 

Inovasi terbaru ini meliputi beberapa langkah, termasuk peningkatan area taman dengan penambahan tanaman hias, perawatan rutin tanaman dan pepohonan, serta pembersihan dan pemeliharaan area terbuka. Selain itu, Lapas Bukittinggi juga melakukan penataan ulang halaman dan program keterlibatan aktif WBP dalam kegiatan pemeliharaan taman dan kebun.

 

Bapak Herdianto juga menekankan pentingnya kontribusi aktif WBP dalam program ini sebagai bagian dari pembinaan dan rehabilitasi. “Kami berharap bahwa melalui partisipasi aktif WBP dalam pemeliharaan taman dan halaman, mereka dapat belajar tentang kepedulian terhadap lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam,” tegasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan pemahaman dan kemampuan protokoler, Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel ikuti Kegiatan Pembinaan Public Speaking

 

Selain memberikan manfaat bagi lingkungan, program Rabu Rambah dalam pemeliharaan taman dan halaman ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan psikologis WBP serta staf lapas. “Kami yakin bahwa keberadaan lingkungan yang nyaman dan hijau akan memberikan kontribusi positif dalam menciptakan suasana yang lebih tenang dan damai di dalam lapas,” tambah Bapak Herdianto.

 

Dengan penerapan inovasi ini, Lapas Kelas IIA Bukittinggi berharap dapat menjadi contoh dalam upaya menciptakan lingkungan lapas yang lebih manusiawi dan berwawasan lingkungan.

No More Posts Available.

No more pages to load.