LAPAS BUKITTINGGI LAKUKAN SOSIALISASI PEMILU BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN 

oleh -17 Dilihat

 

HumasLabukti – Lapas Bukittinggi melakukan sosialisasi terkait pemilihan umum (Pemilu) yang diharapkan menjadi ajang transparan dan demokratis. Dalam rangka meningkatkan partisipasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) dalam proses demokrasi, Lapas Bukittinggi menggelar kegiatan sosialisasi terkait pemilu kepada WBP. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih baik terkait hak dan kewajiban pemilih serta peran WBP sebagai pemilih yang bertanggung jawab. Selasa, 13 Februari 2024.

 

Petugas yang telah dilantik menjadi Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi kepada WBP. Mereka telah diberikan pelatihan khusus oleh KPU dan dilengkapi dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyampaikan materi sosialisasi dengan baik kepada para WBP.

Baca Juga :  Lapas Muara Enim kumham Sumsel Hadiri OPini Peran Strategis Staf Ahli Menteri

 

Kepala Lapas Bukittinggi, Bapak Herdianto, menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Lapas dalam mendukung partisipasi aktif WBP dalam proses demokrasi. “Kami percaya bahwa warga binaan pemasyarakatan juga memiliki hak untuk menggunakan suaranya dalam pemilihan umum. Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pengetahuan yang diperlukan terkait pemilu dan menjadi pemilih yang cerdas,” katanya.

 

Sosialisasi tersebut meliputi penjelasan mengenai prosedur pemungutan dan penghitungan suara, peran KPPS, serta pentingnya dukungan terhadap proses demokrasi. Selain itu, disampaikan pula informasi mengenai hak pilih WBP, tata cara pencoblosan, dan larangan terkait politik dan kampanye di dalam Lapas.

Baca Juga :  Apresiasi Pegawai Teladan, Kalapas Muara Enim Herdianto Sematkan PIN Pegawai Ilok Nian

 

Banyak WBP menunjukkan antusiasme terhadap kegiatan sosialisasi ini, dan mereka menyambut kesempatan untuk tetap terlibat dalam dinamika politik negara walaupun berada di dalam pembatasan fisik Lapas. Mereka berkomitmen untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberi dampak positif dalam memperkuat partisipasi WBP dalam pemilu yang akan datang, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran aktif dalam proses demokrasi.

Baca Juga :  KALAPAS MUARA ENIM MUKHLISIN FARDI BERIKAN PENGUATAN TUSI PADA SUBBAG TATA USAHA

 

Kegiatan sosialisasi di Lapas Bukittinggi tersebut menjadi upaya nyata dalam mendukung pelaksanaan pemilu yang transparan dan demokratis, serta membuktikan bahwa proses demokrasi dapat dijalankan dengan baik di semua lapisan masyarakat, termasuk di dalam lingkungan pemasyarakatan. *JR*

No More Posts Available.

No more pages to load.