Lapas Bukittinggi Mengikuti Penguatan Asesor dan PPK Dari Bapas Bukittinggi

oleh -100 Dilihat

 

Bukittinggi-Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efektivitas pengelolaan tahanan serta narapidana, Lapas Kelas IIA Bukittinggi mengikuti penguatan dari Bapas Bukittinggi untuk calon asesor yang sudah di rekomendasikan oleh Kasi Binadik Lapas Bukittinggi, Nova Herman.

 

Langkah ini menunjukkan komitmen serius dari pihak berwenang untuk memodernisasi dan memperkuat pendekatan penilaian dan manajemen di Lapas Bukittinggi. Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini adalah Pembimbing Kemasyarakatan Madya Bapas Bukittinggi Bapak Aifa Alamsyah, diskusi teknis berlangsung dengan lancar.

Baca Juga :  CEGAH GANGGUAN KAMTIB, LAPAS BUKITTINGGI LAKSANAKAN PENGGELEDAHAN RUTIN KEDALAM BLOK HUNIAN WBP

 

Namun, inti dari acara ini adalah pemaparan dan penguatan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Madya, Rio Chaidir. Dalam sambutannya, Rio Chaidir menekankan pentingnya menjadikan petugas Pemasyarakatan sebagai asesor yang profesional. Hal ini penting agar mereka mampu melakukan penilaian yang akurat melalui observasi terukur dan terarah terhadap perilaku narapidana. Penguatan ini sangat relevan dengan semangat perubahan dalam sistem pemasyarakatan yang lebih humanis dan berfokus pada rehabilitasi.

 

Baca Juga :  SINERGI, APH LAMPUNG SELATAN GELEDAH BLOK HUNIAN LAPAS KALIANDA

Kegiatan penguatan yang dilakukan oleh Balai Pemasyarakatan ini sangat berkaitan dengan peran asesor pemasyarakatan di dalam Lapas. Mereka diharapkan dapat melaksanakan penilaian dan pembuatan profil narapidana sesuai dengan tuntutan yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Dengan demikian, sistem pemasyarakatan akan semakin terarah, berkeadilan, dan mendukung proses rehabilitasi yang lebih efektif. Ini merupakan langkah positif dalam upaya transformasi sistem peradilan pidana di Wilayah Sumatera Barat, dengan menempatkan penilaian risiko dan profil narapidana sebagai fokus utama. Diharapkan, kolaborasi dan dedikasi para asesor akan semakin memperkuat tujuan mulia untuk memberikan kesempatan kedua kepada mereka yang telah melakukan kesalahan untuk berubah dan kembali berkontribusi secara positif kepada masyarakat. *DRY*

No More Posts Available.

No more pages to load.