LAPAS NARKOTIKA SAWAHLUNTO BERSAMA DISDUKCAPIL KOTA SAWAHLUNTO LAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BAGI WARGA BINAAN

oleh -476 Dilihat

 

Lapas Narkotika Sawahlunto bergerak cepat dan berperan aktif dalam menyukseskan PEMILU 2024, dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sawahlunto mengadakan Pemutakhiran Data Pemilih Warga Binaan yang ada di Lapas Narkotika Sawahlunto, Kamis (16/2).

Pemutakhiran data pemilih bagi warga binaan yang termasuk ke dalam Dafta Penduduk Potensial Pilih Pemilihan (DP4) sangat diperlukan, sehingga di saat PEMILU 2024 nanti mereka dapat menggunakan hak pilihnya. Hal ini sebagai mana tertuang di dalam Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-UM.01.01-01 tanggal 17 Januari 2023 tentang Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih Untuk PEMILU 2024 di Lapas/Rutan.

Baca Juga :  Tingkatkan Budaya Literasi Warga Binaan, Lapas Muara Enim Terima 1000 Buku dari Perpusnas RI

Sebanyak 93 warga binaan Lapas Narkotika Sawahlunto, Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat mengikuti kegiatan Pemutakhiran serta Sinkronisasi Data dan NIK, Penerbitan NIK, Perekaman dan Penerbitan KTP elektronik oleh Disdukcapil Kota Sawahlunto dan pada kesempatan ini dikoorditor oleh Kepala Seksi Pelayanan dan Pencatatan Sipil ( Analis Kenijalan Ahli Muda ) Disdukcapil Kota Sawahlunto, Ritu Karianto

Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto mengungkapkan pihaknya telah terlebih dahulul berkoordinasi dengan Disdukcapil guna mempersiapkan warga binaannya menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga :  Momen Idul Fitri, Sebanyak 289 Narapidana Terima Remisi Khusus Diserahkan Langsung Oleh Kalapas Singkawang

“Kami telah melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kota Sawahlunto sebelumnya, dan alhamdulillah hasil koordinasi tersebut, tepatnya 16 Februari 2023 warga binaan kami dapat mengikuti pemutakhiran data pemililh untuk Pemilu 2024,” ungkap Rommy.

“Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap, dan hari ini baru 93 warga binaan, kami pun akan terus memperbaharui data warga binaan serta mengecek kembali apa masih ada yang belum memiliki KTP elektronik, sehingga dapat dilakukan perekaman dan penerbitan KTP elektronik bagi warga binaan kami,” lanjutnya.

Rommy pun menerangkan, kegiatan yang dimulai dengan sosialisasi, dilanjutkan dengan sinkronisasi data dan NIK, mulai dari nama lengkap, alamat, nama ibu, hingga sidik jari warga binaan harus valid dan lengkap semua dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Kalapas muara Enim Hadiri Sertijab dan Temu Pisah Kalapas Lahat

Lapas Narkotika Sawahlunto mendukung penuh pelaksanaan Pemilu 2024 dengan mempersiapkan sarana dan prasana untuk warga binaan tetap mendapatkan haknya sebagai pemilih pada Pemilu 2024.

“Kami berharap semua warga binaan tetap akan bisa berperan aktif menyumbang suaranya dalam Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan di Lapas Narkotika Sawahlunto nantinya,” harap Rommy

No More Posts Available.

No more pages to load.