Pastikan Pelayanan Makanan di bulan Ramadhan berjalan baik, kalapas kontrol pengolahan makanan di Dapur Lapas Sukabumi

oleh -327 Dilihat

 

Sukabumi- Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Toar melakukan pengecekan proses pengolahan bahan makanan (Bama) untuk makan warga binaan Lapas Sukabumi, Sabtu dini hari (08/04/2023).

Pengecekan yang dilakukan Kalapas Sukabumi ini, guna mengontrol terpenuhinya gizi warga binaan Lapas Sukabumi saat berpuasa, mendapatkan makanan yang terjaga gizinya sesuai Permenkumham No.40 Tahun 2017 tentang Pedomanan penyelenggaraan makanan bagi Tahanan, Anak dan Narapidana.

Diketahui setiap makanan yang disajikan pihak Lapas Sukabumi selalu mengikuti proses penyelenggaraan makanan sesuai dasar hukum pedoman penyelenggaraan makan bagi narapidana, mulai dari perencanaan, penerimaan bahan makanan, penyimpanaan bahan makanan, pengolahan makanan, sampai pendistribusian makanan bagi warga binaan Lapas Sukabumi.

Baca Juga :  Kapox Band Lapas Banyuwangi Meriahkan Peringatan Hari AIDS Sedunia

“Kami selalu mengontrol proses penyelenggaraan makanan, salah satunya adalah penimbangan bahan makanan yang tujuannya agar hak-hak dasar yaitu kebutuhan gizi WBP terpenuhi” ujar Christo.

Christo juga menjelaskan bahwa pihaknya menggunakan siklus sepuluh hari makanan yang berbeda-beda saat sahur dan juga berbuka puasa.

” Selama bulan puasa, kami menyiapkan menu sahur dan menu berbuka puasa dengan siklus sepuluh hari, dimana setiap harinya makanan yang diterima warga binaan menunya berbeda selama sepuluh hari itu” tambah Christo.

Baca Juga :  Rayakan Idul Fitri 1444H 258orang narapidana Lapas Narkotika Sawahlunto menerima remisi

Tidak hanya menyiapkan makanan pokok saja, Lapas Sukabumi juga memberikan makanan tambahan (Extrafooding) bagi warga binaan Lapas Sukabumi di Bulan Puasa sesuai surat dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat tentang Penyampaian Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang Pemberian Makanan Tambahan bagi Tahanan,Anak dan Narapidana di Bulan Puasa.

“Kami juga memberikan extrafooding selama bulan puasa ini, mulai dari roti dan teh manis, bakwan dan kurma, bubur kacang hijau, kolak, dan juga es buah, hal ini bertujuan agar suasana bulan puasa bagi warga binaan bisa merasakan seperti di rumah sendiri” pungkas Christo.

Baca Juga :  Lapas Muara Enim ikuti Kegiatan Bimtek Penyusunan SKP berdasarkan Permenpan No. 6 Tahun 2022

Kalapas Sukabumi berharap, dengan pembagian makanan yang cukup dan bergizi ini, para warga binaan Lapas Sukabumi dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

No More Posts Available.

No more pages to load.