*Penguatan Program Pembinaan Kemandirian di Lapas Kelas IIA Bukittinggi*

oleh -99 Dilihat

 

HumasLabukti – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bukittinggi merayakan kesuksesan Program Pembinaan Kemandirian yang telah mampu menciptakan narapidana yang produktif dan terampil. Program ini telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam mengembangkan potensi dan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Rabu, 7 Februari 2024.

 

Melalui berbagai kegiatan pembinaan kemandirian, WBP diberdayakan untuk mengembangkan keterampilan yang dapat meningkatkan produktivitas mereka. Program ini mencakup pelatihan keterampilan kerja, pelatihan wirausaha, dan pengembangan bakat individu sesuai minat dan potensi masing-masing narapidana.

Baca Juga :  Gelar Workshop Bahasa Isyarat, Rutan Pinrang Gandeng Pusbisindo Provinsi Sulsel

 

Bapak Herdianto, Kepala Lapas Kelas IIA Bukittinggi, menyampaikan, “Kami percaya bahwa memberdayakan narapidana dengan keterampilan dan pengetahuan adalah kunci keberhasilan rehabilitasi. Program pembinaan kemandirian tidak hanya mengarah pada keterampilan teknis, tetapi juga membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab terhadap diri sendiri.”

 

Hasil positif dari program ini terlihat melalui peningkatan kemampuan narapidana dalam menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas. Beberapa narapidana telah berhasil menciptakan produk-produk unggulan dan mengembangkan usaha kecil di dalam lapas.

Baca Juga :  Lapas Bukittinggi Memperkuat Jajaran Pengamanan untuk Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban

 

Salah satu narapidana yang ikut dalam kegiatan pembuatan sabun, Ahmad, mengungkapkan rasa syukurnya, “Program ini memberikan saya peluang untuk belajar dan mengasah keterampilan. Saya merasa lebih percaya diri dan memiliki bekal yang cukup untuk memulai usaha setelah bebas nanti.”

 

Program pembinaan kemandirian terus menjadi prioritas di Lapas Kelas IIA Bukittinggi sebagai bagian integral dari upaya rehabilitasi yang komprehensif. Dengan mendorong kemandirian, diharapkan narapidana dapat lebih siap menghadapi tantangan ketika kembali ke masyarakat setelah menjalani masa hukuman. *JR*

No More Posts Available.

No more pages to load.