Perayaan Paskah, Ka. Lapas Cipinang Harapkan Warga Binaan Dapat Maknai Sebagai Masa Pertobatan

oleh -818 Dilihat

Jakarta – Hari Paskah merupakan peristiwa penting di dalam liturgi gereja umat Kristen dan Katolik. Hari Paskah menandai bangkitnya Yesus Kristus ke langit pada hari ketiga usai penyaliban. Hal ini menjadi momen yang paling sakral bagi kehidupan Yesus Kristus serta umat Kristiani.

Di dalam Paskah, Yesus dianggap telah memberikan jalan baru dan penerangan bagi umat manusia. Hal itu tak lain melalui peristiwa kebangkitan Yesus usai disalib. Makna hari Paskah dapat ditelusuri melalui kata eostur Norse atau ostara. Eostur Norse atau ostara merupakan sebuah kalimat yang memiliki arti sebagai musim kelahiran baru. Maka dari itu, hari Paskah pun juga menjadi pertanda sebagai pergantian musim.

Baca Juga :  Kalapas Muara Enim Hadiri RAKERNIS Pemasyarakatan Tahun 2024

Bukan hanya itu, makna hari Paskah pun juga erat kaitannya dengan bukti cinta kasih. Terdapat kasih sayang, anugerah, serta kekuatan cinta Allah yang senantiasa menjauhkan umat Nasrani dari segala hal buruk. Keburukan, kutukan, dan maut merupakan bentuk yang dijauhkan Tuhan pada saat peristiwa Paskah. Selain itu, makna Paskah juga diartikan sebagai jaminan Yesus atas kehidupan kekal bagi umat yang mempercayai.

Bertempat di Gereja Jemaat Petrus Lapas Kelas I Cipinang, warga binaan & petugas Lapas Kelas I Cipinang tengah melaksanakan ibadah sekaligus perayaan Paskah sejak pukul 9 Pagi. Kegiatan turut dipandu langsung oleh Tim Pelayanan dari Yayasan Bejana Bagi Negeri.

Baca Juga :  Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev Keamanan di Lapas Muara Enim

Sebelum ibadah dan perayaan paskah, warga binaan & petugas Lapas Kelas I Cipinang telah terlebih dahulu melaksanakan ibadah Jumat Agung, pada Jumat (15/04) dipandu langsung oleh Rm.Y.R.Mulyono, MSF beserta Tim dari St. Yakobus.

Dibawah komando Ka. KPLP, dan dibantu langsung oleh jajaran pengamanan, Kegiatan ibadah yang dilaksanakan baik pada pelaksanaan ibadah jumat agung hingga perayaan paskah berjalan dengan aman, lancar, kondusif dan penuh sukacita

Tonny Nainggolan selaku Ka. Lapas Kelas I Cipinang beserta jajaran menyampaikan dan mengucapkan Selamat Merayakan Hari Paskah bagi warga binaan dan petugas Lapas Kelas I Cipinang yang memperingatinya. “Melalui makna Paskah, kami harap warga binaan yang tengah menjalani hukuman bisa memaknai masa pidana di Lapas sebagai masa pertobatan. Sejumlah kesempatan untuk melakukan perbaikan diri saat menjalani masa pembinaan bisa dimanfaatkan dengan melakukan hal-hal positif,” ucap Tonny.

Baca Juga :  Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Ikuti Penutupan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM Gelombang IV T.A Secara Virtual

“Lapas Kelas I Cipinang selalu siap mensupport dan memfasilitasi warga binaan semua khususnya dalam pelaksanaan pembinaan kemandirian maupun pembinaan kepribadian. Agar kelak, mereka semua bisa mendapat kembali kesempatan hidup yang lebih baik dan tentunya diterima kembali di kalangan masyarakat dengan baik,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.