**Program Pelatihan Kerja: Menyongsong Reintegrasi Sosial Narapidana Melalui Pelatihan Kerja di Lapas Bukittinggi**

oleh -91 Dilihat

 

HumasLabukti – Lapas Bukittinggi telah meluncurkan program pelatihan kerja yang bertujuan untuk mempersiapkan para narapidana dalam menghadapi reintegrasi sosial setelah masa pemasyarakatan mereka berakhir. Program ini membawa dampak positif yang signifikan dalam mempersiapkan para narapidana untuk kembali ke masyarakat dengan bekal keterampilan yang relevan dan kemampuan kerja yang terampil. Rabu, 28 Februari 2024.

 

Melalui program ini, para narapidana diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan keterampilan, mulai dari keterampilan teknis seperti di bidang agrobisnis, jasa dan manufaktur hingga keterampilan non-teknis seperti manajemen waktu, komunikasi, dan kewirausahaan.

Baca Juga :  Rutan Cipinang Kanwil Kumham DKI Jakarta Laksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022

 

“Program pelatihan kerja ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para narapidana untuk memperoleh keterampilan yang dapat meningkatkan kesempatan mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang layak setelah bebas dari Lapas. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya kami dalam mendukung reintegrasi sosial dan mengurangi tingkat kriminalitas,” ungkap Kepala Lapas Bukittinggi, Bapak Herdianto.

 

Para narapidana yang mengikuti program ini tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga diberikan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai kerja keras, tanggung jawab, dan disiplin. Selain itu, mereka juga dilatih untuk mengatasi tantangan dan hambatan yang mungkin mereka hadapi saat mencari pekerjaan atau memulai usaha mandiri setelah bebas.

Baca Juga :  Petugas Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Jalani Bimbingan Pra Nikah

 

“Program pelatihan kerja ini sangat bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan narapidana lainnya. Kami belajar banyak hal baru dan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi masa depan setelah bebas nanti,” ujar Bur salah satu narapidana yang mengikuti program ini.

 

Diharapkan, melalui program pelatihan kerja ini, para narapidana akan memiliki peluang yang lebih baik untuk sukses dalam reintegrasi sosial dan memulai kehidupan baru yang lebih positif dan produktif setelah masa pemasyarakatan mereka berakhir. Ini merupakan langkah konkret dalam memberikan kesempatan kedua dan mempersiapkan para narapidana untuk menjadi anggota yang konstruktif dalam masyarakat. *JR*

No More Posts Available.

No more pages to load.