Ratusan Warga Binaan Lapas Muara Enim Jalani Screening HIV

oleh -458 Dilihat

Muara Enim,  – Sebuah langkah proaktif dalam menjaga kesehatan warga binaan terus dilakasanakan dengan baik di Lapas Muara Enim. Sebanyak 500 warga binaan menjalani uji screening HIV/AIDS, yang hasilnya sangat menggembirakan karena semuanya dinyatakan negatif.

Kalapas Muara Enim, Herdianto, menuturkan bahwa langkah ini sebagai bentuk pelayanan kesehatan yang prima kepada para warga binaan . “Ini adalah upaya promotif, preventif, dan rehabilitatif dalam bidang kesehatan, serta merupakan salah satu kebutuhan kesehatan yang sangat penting bagi warga binaan,” ujarnya pada Rabu, (27/09)

Baca Juga :  Peringati HBP ke-60, Lapas Bukittinggi Ziarahi Makam Pahlawan dan Upacara Tabur Bunga

Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan metode rapid test, yang memungkinkan deteksi cepat terhadap penyakit HIV/AIDS. Anton Sandrayadi, Kasubsi Perawatan, menjelaskan pentingnya langkah ini: “Jika ada yang terinfeksi penyakit ini, mereka dapat segera mendapatkan perawatan yang diperlukan, yang akan mencegah komplikasi lebih lanjut.”

Anton melanjutkan bahwa kegiatan screening ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.

Salah satu warga binaan Lapas Muara Enim yang memilih untuk tidak disebutkan namanya merasa senang dengan adanya program screening HIV/AIDS ini. Baginya, ini adalah peluang untuk mengetahui status kesehatannya terkait penyakit ini. Dia juga berharap bahwa program serupa akan terus berlanjut di Lapas Muara Enim dan mungkin termasuk pemeriksaan penyakit lainnya. “Kami sangat berterima kasih kepada seluruh tim Lapas Muara Enim yang telah menjalankan kegiatan ini,” tambahnya dengan tulus.

Baca Juga :  Membanggakan, Peci Batik Hasil Karya Warga Binaan Lapas Muara Enim Tampil pada acara Puncak HBP ke 60

Langkah ini bukan hanya sekadar pemeriksaan, tetapi juga pesan yang kuat bahwa kesehatan setiap warga binaan adalah prioritas utama. Dengan hasil negatif yang sangat menggembirakan, Lapas Muara Enim telah memberikan contoh nyata tentang bagaimana pelayanan kesehatan yang efisien dan peduli dapat memengaruhi positif kehidupan para warga binaan mereka.

No More Posts Available.

No more pages to load.