Sambangi Kamar Isolasi,Tenaga kesehatan Klinik Pratama Lapas Kelas IIA Bukittinggi Berikan Edukasi Dan Promosi Kesehatan Bagi Warga Binaan Yang Terjangkit Tuberkolosis (TBC)

oleh -342 Dilihat

 

Bukittinggi – Petugas Kesehatan Klinik Pratama Lapas Klas IIA Bukittinggi kontrol ke blok hunian kamar isolasi. Guna untuk memberikan edukasi dan promosi kesehatan terhadap warga binaan yang terjangkit Tuberkolosis atau TBC sekaligus penyerahan obat secara berkala.

 

Dalam hal ini Ns. Andika Caesar menyampaikan edukasi dan promosi kesehatan tentang tuberkulosis atau TBC bertujuan untuk mencegah penularan dan menjaga kepatuhan berobat warga binaan.

 

Tuberkulosis paru adalah penyakit yang dapat dicegah dan dapat disembuhkan. Andika menjelaskan bahwa transmisi tuberkulosis paru dapat terjadi melalui droplet pernapasan dan memberi tahu warga binaan untuk melakukan etika batuk dan bersin yang tepat.

Baca Juga :  Kemenkumham Sumsel Targetkan seluruh Lapas di Sumsel Terapkan Transaksi Non Tunai

 

Upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang penting adalah penerapan higiene yang baik (termasuk menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin), penjagaan ventilasi dan pencahayaan matahari yang baik, dan penggunaan vaksin BCG.

 

Dalam hal ini, petugas kesehatan sekaligus memberikan obat berkala agar warga binaan tidak sampai terjadinya hilang obat dan juga memberikan masker sebagai bentuk upaya pencegahan penularan tuberkolosis.

 

Warga binaan juga perlu mendapatkan informasi efek samping OAT (obat antituberkulosis) yang mungkin dialami dan informasi risiko resistensi bakteri terhadap obat, terutama apabila kepatuhan minum obat kurang baik.

No More Posts Available.

No more pages to load.