Sinergi Kemenkumham Sumsel dengan Diresnarkoba Polda Sumsel Cegah Peredaran Narkoba di Lapas/Rutan

oleh -183 Dilihat

Palembang. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Ilham Djaya menerima audiensi dari Direktur Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Kombes Pol Dolifar Manurung SIK di ruang kerja Kepala Kantor Wilayah, Senin (28/8).

Kakanwil menyambut baik kedatangan dari Kepolisian Daerah Sumatera Selatan ini. “Kunjungan ini dalam rangka melakukan koordinasi, silaturahmi, dan menjajaki peluang kerjasama serta menguatkan sinergi”, ungkap Ilham usai pertemuan itu.

Ilham mengungkapkan Kanwil Kemenkumham Sumsel melalui Divisi Pemasyarakatan dan Jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang berada di Wilayah Sumatera Selatan selama ini telah terjalin kerjasama yang baik dengan pihak Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan, khususnya dalam penanganan kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba, terlebih peredaran wilayah lapas dan rutan, tandas Ilham.

Baca Juga :  Wujudkan Zero Overstaying, Lapas Sukabumi Gandeng PN Sukabumi

Selain itu, diungkapkan Kakanwil, Kanwil Kemenkumham Sumsel saat ini memiliki beberapa UPT yang menjadi Lapas Rehabilitasi. Ada Lapas Kelas I Palembang, Lapas Perempuan Palembang, Lapas Narkotika Banyuasin, dan Lapas Narkotika Muara Beliti.

“Semua Lapas tersebut kita gunakan sebagai wadah rehabilitasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mayoritasnya didominasi oleh WBP pengguna narkotika, yaitu sebanyak 60% dari jumlah seluruh WBP di Sumatera Selatan,” terang Kakanwil Ilham Djaya

Baca Juga :  Lapas Singkawang Raih Terbaik I Dalam Acara Rekonsiliasi Data Keuangan Dan BMN Semester II di Lingkup Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar

Kakanwil Ilham Djaya juga menyampaikan pentingnya kerjasama antara Jajaran Kepolisian dan Pemasyarakatan. “Koordinasi yang lancar sangat diperlukan, terutama jika di UPT kami khususnya di Lapas Narkotika membutuhkan penegakan,” tambah Ilham.

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Narkoba Polda Sumsel memberikan apresiasi atas silaturahmi yang tengah dibangun oleh Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel. Dia menyatakan siap memberikan dukungan penuh dalam menangani peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayahnya.

“Apalagi saya juga baru dilantik sebagai Direktur Narkoba Polda Sumsel yang baru pada April lalu, maka saya harap kita semua siap dapat bersinergi bersama. Jajaran Kepolisian akan menjalin komunikasi yang lebih intens dengan jajaran Pemasyarakatan khususnya dalam rangka pembinaan WBP dan memberantas peredaran narkotika, khususnya di lingkungan lapas dan rutan,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.