Sukseskan Pemilu, Lapas Muara Enim ikuti Kegiatan Simulasi Pemungutan & Penghitungan Suara

oleh -95 Dilihat

 

Muara Enim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 perdana di Muara Enim pada hari ini, Rabu (23/12/2023).

Kegiatan di laksanakan di Gedung Olahraga Pancasila Muara Enim, turut hadir perwakilan dari petugas Lapas Muara Enim, PJ Bupati Muara Enim, Polres dan Kodim serta Forkompimda Kabupaten Muara Enim

Ketua KPU Kab. Muara Enim dalam sambutan nya mengatakan bahwa “simulasi ini salah satunya bertujuan untuk mempersiapkan bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih pemula“

Baca Juga :  Pesantren Madrasah Diniyah Al Istiqomah Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Gelar Pengajian dan Doa Bersama

Ketua KPU Kab Muara menambahkan “simulasi ini membeberkan secara detail bagaimana pelayanan di tempat pemungutan suara (TPS) untuk masyarakat yang memiliki hak suara. “Maka ada enam tahapan yang akan kami simulasikan. Persiapan pemungutan suara, pemungutan suara, kemudian pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, dan tentu saja teknologi terbaru dari Pemilu 2024 adalah penggunaan Sirekap,” paparnya.

Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi Suara) adalah alat bantu penghitungan suara sudah yang tersambung dengan server KPU RI untuk kemudian dapat langsung melakukan tabulasi suara. “Simulasi ini bukan untuk mencatat waktu secara detail karena itu sudah dilakukan oleh KPU RI, kami ingin simulasikan secara detail pelayanan di TPS seperti apa,” pungkasnya.

Baca Juga :  Lapas Muara Enim terima hewan kurban dari Pj Bupati Muara Enim dan mitra

Kalapas Muara Enim, Mukhlisin Fardi mengapresiasi kegiatan simulasi yang dilaksanakan oleh KPU Kab Muara Enim. “Lapas Muara Enim siap mensukseskan kegiatan pemilihan umum tahun 2024” Ujar Mukhlisin.

“Pelaksanaan pemilihan umum di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim adalah bagian dari pemenuhan hak politik dari Warga Binaan kita, dan tentu kegiatan simulasi yang di gelar oleh KPU Kab Muara Enim akan memberikan pengetahuan yang mendalam bagi panitia yang bertugas nantinya dalam pelaksanaan pemilihan umum di Lapas. Tambahnya. (Sapriadi/Humas)

No More Posts Available.

No more pages to load.