Tingkatkan Komunikasi Publik yang Efektif, Kemenkumham Sumsel Gelar Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan

oleh -693 Dilihat

Palembang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Subbagian Humas, RB, dan TI mengadakan Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan dengan mengusung tema “Tingkatkan Komunikasi Publik yang Efektif” bertempat di Hotel Santika Premiere Palembang, Rabu (6/9).

Kepala Bagian Program dan Humas, Yulizar, selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pada tanggal 6 s.d. 8 September 2023 ini diselenggarakan dengan tujuan memberi edukasi, penguatan, serta pemahaman kepada pegawai, terutama bagi pengemban tugas fungsi Kehumasan dan Keprotokolan. Sebanyak 65 pegawai yang berasal dari 29 satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel mengikuti kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Peringati Hari AIDS Sedunia, Lapas Muara Enim Gelar Penyuluhan HIV/AIDS kepada Warga Binaan

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Divisi Administrasi, Idris. Dalam sambutannya, Kadivmin menyampaikan bahwa humas selaku ujung tombak dalam membangun citra dan reputasi pemerintah dituntut untuk meningkatkan pelayanan dan pengelolaan  informasi, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan berbagai program pemerintah.

“Untuk mencapai hal tersebut, humas harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik,” kata Idris.

Menurutnya, senada dengan humas selaku ujung tombak citra instansi, petugas protokol atau ADC (aide de-camp) juga merupakan garda terdepan dalam pelayanan pimpinan guna menjaga martabat dan wibawa pimpinan. Baik buruknya citra instansi atau pimpinan tergantung pada pelayanan protokol yang ada.

Baca Juga :  Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59, Lapas Singkawang Adakan Turing dan Bakti Sosial

“Oleh karena itu, upaya peningkatan komunikasi publik yang efektif haruslah dilakukan secara bersama-sama, terpadu, terprogram, terarah, dan konsisten dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat maupun instansi. Sehingga komunikasi publik tersampaikan dengan tepat dan nantinya dapat meningkatkan citra positif organisasi,” ujar Idris menutup sambutannya.

Pada kegiatan Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan ini akan disampaikan beberapa materi penting seperti public speaking and broadcasting, teknis dan etika keprotokolan, service excellent and manner, serta produksi konten infografis dan videografis.

No More Posts Available.

No more pages to load.