Wujudkan Lapas Bebas dari Halinar, Lapas Sukabumi Razia kamar hunian

oleh -695 Dilihat

 

Sukabumi- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sukabumi menggelar razia atau penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Lapas Sukabumi, Senin (15/05/2023).

Sebanyak 5 kamar hunian warga binaan Lapas Sukabumi digeledah oleh seluruh petugas Lapas Sukabumi setelah pelaksanaan Apel Pagi.

Kepala Lapas Sukabumi, Christo Toar menjelaskan bahwa Lapas Sukabumi melakukan razia sebagai tindak lanjut dari perintah Direktur Jendral Pemasyarakatan perihal langkah progressive sebagai tindak lanjut atas maraknya pengaduan terkait Peredaran Narkoba, Penipuan Online, dan pungli di lingkungan Unit Pelayanan Teknis Pemasyarakatan.

Baca Juga :  Jelang Nataru, Kadivpas Sapa Warga Binaan Lapas Kalianda

“Kami telah melaksanakan razia terhadap 5 kamar hunian warga binaan kami, kami melaksanakan dengan detail, hati-hati dan humanis, yang mana razia ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Pemasyarakatan” jelas Christo

“Adapun sasaran razia adalah barang-barang terlarang yang tercantum dalam peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara,” tambah Christo.

Razia ini juga merupakan tindak lanjut dari deklarasi bebas dari HaLiNar (Handphone, Pungutan Liar, dan Narkoba) yang telah dideklarasikan oleh Lapas Sukabumi.

Baca Juga :  Rutan Praya, Kakanwil Lakukan Monitoring

Kalapas Sukabumi menambahkan bahwa razia ini dilaksanakan secara insidentil sebagai bentuk implementasi dari deklarasi Halinar.

“Kami melaksanakan razia secara tiba-tiba setelah Apel Pagi, hal ini juga sebagai implementasi Lapas Sukabumi dalam mewujudkan Lapas Sukabumi bersih dari HALINAR” tambah Christo.

“Kami mendapatkan barang-barang terlarang seperti besi yang di bentuk seperti pisau, kabel, dan obeng nantinya barang-barang terlarang ini akan kami musnahkan sesuai SOP yang ada” tegas Christo.

Baca Juga :  Warga Binaan Lapas Narkotika Sawahlunto berhasil memperoleh Hak atas Lagu Karya Ciptaannya

Ditempat lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya mengapresiasi langkah Lapas Sukabumi yang menggelar razia ini, harapannya Lapas Sukabumi dapat mewujudkan komitmennya untuk Lapas Sukabumi yang bebas dari handphone, Pungutan Liar, dan Narkoba.

No More Posts Available.

No more pages to load.